Monday, September 17, 2012

Secuplik Prestasi


Mulyani Hasan Djafari
Riau Islands Province Delegation
Mulyani Hasan Djafari, S.Si
Delegasi Provinsi Kepulauan Riau
IMYEP 2012

Bernama lengkap Mulyani Hasan Djafari dan dipanggil Meonk ”Meme”.  Saya lahir di Kijang, Bintan, Kep. Riau, pada 24 Oktober 1989 silam. Sejak SD, SMP, dan SMA di Tanjungpinang, Pulau Bintan, ia selalu aktif dalam kompetisi akademik maupun sastra.
Ia berprestasi dalam Olimpiade Sains dalam bidang Matematika, Biologi, dan Fisika. Selain itu, ia juga pernah menjuarai lomba cipta dan membaca puisi dalam Festival Seni Melayu di tingkat provinsi Riau (2004), menjuarai lomba menulis pantun se-provinsi Kep. Riau (2007), dan langgam Melayu di tingkat Kabupaten Kep. Riau (2002). Ia dinilai memiliki multitalenta dan berkepribadian baik, sehingga pernah dinobatkan sebagai Dara Kota Tanjungpinang tahun 2007 dan Duta Karang Nasional terbaik tahun 2007. Ia juga merupakan pemenang IV lomba menulis cerpen kepemudaan KEMENPORA RI tahun 2011 dan juga merupakan representasi Kepulauan Riau untuk Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia 2012.
Selain sebagai akademisi dan sastrawati, ia juga dikenal aktivis sejak SMP. Pengalaman sebagai pengurus inti OSIS dan aktif dalam kegiatan BEM UI dan organisasi nasional lain sebagai aktivis sosial dan lingkungan. Selain sebagai penerima beasiswa Nagao Natural Environment Foundation Japan tahun 2009-2012, saya juga berkesempatan mendapat beasiswa dari UI-Leadership Development Programme 2011 karena berhasil menjadi mahasiswa berprestasi II Fakultas MIPA Universitas Indonesia tahun 2011. Saya, saat ini memiliki kesibukan sebagai asisten periset yang tergabung dalam Hibah Riset Awal UI 2012, program riset kerjasama JSPS-LIPI Indonesia-Jepang 2012-2015 di bawah asosiasi Prof. Mitsunori Iwataki, P.hD, dan sedang aktif menulis untuk karya fiksi dan non fiksi. Serta aktivitas mengajar di salah satu bimbingan belajar terbesar di Jakarta.

No comments: